Polres Langkat Kawal Kegiatan Pawai Obor Dalam Rangka Menyambut 1 Muharram 1444 H

1 Muharam

topmetro.news – Memasuki malam 1 Muharram 1444 Hijriah atau Tahun Baru Islam Tahun 2022 beragam kegiatan dilaksanakan masyarakat untuk memeriahkan hari yang dianggap sakral ini.

Seperti di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat, setidaknya ada 80 Tim atau sekitar 1.600 orang peserta memeriahkan menyambut Tahun Bari Islam 1 Muharram 1444 H dengan melaksanakan kegiatan pawai obor, Sabtu (30/7/2022) dimulai sekitar pukul 21.00 WIB dan start dari Lapangan Bola Nura Cahaya Jln.Bambu Runcing Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

Untuk melancarkan kegiatan ini, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK menerjunkan sekitar 30 personil serta jajaran Polsek Tanjung Pura menurunkan 25 personil.

Bukan itu saja, untuk pengawalan dan pengamanan Kodim 0203/Langkat lewat Koramil Tanjung Pura juga mengerahkan sebanyak 10 personil, Puskesmas Tanjung Pura 5 personil, serta dari PAM Swakarsa yakni Ormas PP 15 personil, OKP FKPPI 15 personil, Komka 10 personil dan keamanan masyarakat lainnya sebanyak 30 personil.

Menurut Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas SH SIK melalui Kasi Humas AKP Joko Sumpeno, sebelum pelaksanaan pengamanan terlebih dahulu dilakukan Apel Kesiapan pengamanan di halaman Mapolsek Tanjung Pura yang dipimpin oleh Padal Kabagops Polres Langkat Kompol Aris Fiyanto SSos dan dihadiri oleh para Forkooimca dengan melibatkan kekuatan pengaman dari Ormas OKP dan pihak-pihak PAM Swakarsa lainnya.

Sementara itu kegiatan pelaksanaan Pawai Obor dilaksanakan oleh Pemuda Al Hijrah Betuah (PATUAH). Dalam ini sebagai Ketua Panitia yakni Fazar Adha dan Sekretaris Bayu Syafrizal Nasution dengan melibatkan peserta sebanyak 80 tim jumlah lebih kurang 1600 orang.

Kegiatan Pawai Obor tersebut dibuka oleh Camat Tanjung Pura M.Nawawi SSTP dihadiri Muspika Kecamatan Tanjung Pura.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kabagops Kompol Aris Fiyanto SSos, Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman SH, Kasat Sabhara AKP B.Aritonang SH MH, Danramil Tanjung Pura Kapten Inf.E.Pakpahan, Kakan Kemenag Kabupaten Langkat H.Khainul Aswad, Anggota DPRD Kabupaten Langkat asal Kecamatan Tanjung Pura Aidir Syahputra (Ketua PATUAH), serta Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kecamatan Tanjung Pura.

Kegiatan Pawai Obor 1 Muharram ini dilaksanakan dengan rute memutar sejauh lebih kurang 2 Km dari lokasi Start di Lapangan Nur Cahaya ke Jln.Bambu Runcing , Jln.Perjuangan, Simpang Kantor Camat, RSU Tanjung Pura Jln.Khairil Anwar, Pasar Baru Tanjung Pura, Simpang 4 Pekubuan Jln.Pattimura, Polsek Tanjung Pura dan Finish kembali ke Lapangan Nur Cahaya.

Sekira pukul 23.30 WIB para peserta Pawai Obor seluruhnya tiba di Lapangan Nurcahaya dan selanjutnya pihak panitia bersama seluruh peserta melakukan kegiatan sholawatan yang dipandu pihak panitia.

Sekitar pukul 24.00 WIB pihak panitia membacakan pemenang dari kegiatan Pawai Obor dan yang mendapat nilai terbaik dari beberapa kreteria yakni Peserta Terbanyak, Kerapian Peserta, Kekompakan dan Solawatan, Kreatifitas Peserta.

Dari kriteria tersebut keluar sebagai pemenang yakni Juara 4 NPP 12 Desa Lalang.

Kemudian disusul Juara 3 dari Man 2 Langkat NPP 4, Juara 2 Desa Lalang NPP 11 dan Juara 1 dari Man 1 Tanjung Pura.

Sementara sebagai juara peserta terbanyak yakni dari Tim Cahaya Teluk Bakung. Untuk juara Peserta Kreatif dari Tim Rimada Pekubuan.

Seluruh rangkaian krgiatan pawai obor kreatif selesai dilaksanakan sekitar pukul 00.30 WIB dan para peserta membubarkan diri dengan tertib.

Stelah kegiatan Pawai Obor selesai pihak keamanan kembali melaksanakan Apel Konsolidasi pengecekan pasukan oleh Kabag Ops di halaman Mapolsek Tanjung Pura.

Selama berlangsungnya rangkaian kegiatan Pawai Obor Kreatif dilakukan pengamanan terbuka dan tertutup berjalan dengan aman dan lancar.

Reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment